Rabu, 09 November 2011

Makluk Mytologi (versi 3)

 Lanjutan Versi 2

BAHAMUT
Dalam cerita Seribu Satu Malam, Bahamut di sini adalah sebuah ikan besar yang pernah dilihat oleh Nabi Isa As. Di kepalanya terdapat seekor banteng yang membawa sebuah batu karang. Di atas batu tersebut terdapat malaikat yang membawa tujuh lapisan Bumi. Sedangkan di bawahnya adalah air yang gelap, api, dan kemudian seekor ular besar bernama Falak. Diceritakan setelah melihat Bahamut, Nabi Isa langsung tak sadarkan diri. Borges sendiri menyimpulkan bahwa Bahamut merupakan kisah yang melambangkan keeksisan dan kekuasaan Tuhan.
Image 
and video hosting by TinyPicDalam kebudayaan popular, Bahamut muncul sebagai summon dalam hampir seluruh serial video game Final Fantasy, berbentuk naga dan dikenal juga dengan Dragon King. Varian dari Bahamut yang ditampilkan dalam Final Fantasy adalah Neo Bahamut, Bahamut Zero, Bahamut
Sin, dan Bahamut Fury.
Selain dari serial Final Fantasy, Bahamut juga muncul di video game Chocobo’s Dungeon, Kingdom Hearts, Lord of Vermillion, dan Dungeon and Dragons.



GENIE
Dalam mitologi Arab, jin atau Jin adalah jenis roh. Dalam Pra-pemikiran Islam, jin memiliki kekuatan magis dan kadang-kadang, meskipun tidak selalu, jahat, atau setidaknya nakal. Dalam Islam, jin telah menjadi lebih analog dengan setan, dengan Iblis sebagai yang paling kuat dari jin, sedangkan di budaya Barat, jin biasanya digambarkan sebagai roh magis tanpa konotasi religius yang mampu memberikan harapan. Para jin kata Inggris berasal dari Perancis untuk ”roh,” yang digunakan untuk menerjemahkan Jin dalam terjemahan Prancis pertama dari Arabian Nights.
Image 
and video hosting by TinyPic
Konsep Barat jin diambil terutama dari kisah Aladdin di Arabian Nights, di mana Aladdin membebaskan jin dari penjara di lampu dan diberikan keinginan dalam kembali. Namun, pembacaan yang lebih luas dari Arabian Nights mengungkapkan jin sebagai makhluk yang sangat berbeda dari versi Barat modern. Ada berbagai jenis jin dengan set yang berbeda dari kekuatan magis. Dalam mitologi beberapa, jin dikategorikan oleh elemen - api, air, tanah, atau udara- yang mengatur mereka. Beberapa jenis jin yang menakutkan,seperti Ghul, yang meminjamkan namanya menjadi hantu bahasa Inggris moderndan succubus seperti jin perempuan.
GHOUL
cerita rakyat Arab kuno, Ghul (Arab: ???, harfiah setan) tinggal di kuburan dan tempat tempat takberpenghuni lainnya.
Ghul adalah setan jenis jin diyakini menjadi bapak oleh Iblis. Para raksasa Arab adalah padang pasir yang tinggal, bentuk setan merupakan pergeseran dari kedok hewan, khususnya hyena.
Image and video hosting by
 TinyPic
orang orang yang melintasi lembah gurun akan dibunuh dan dimakan mereka. Makhluk itu juga memangsa anak-anak, merampas kuburan, minum darah, mencuri koin dan makan orang mati, ghoul bahkan bisa mengambil bentuk seperti yang mereka makan sebelumnya.
Dalam bahasa Arab, goul perempuan diberi nama ghouleh dan jika jamak adalah ghilan. Dalam keseharian bahasa Arab, istilah ini kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan individu yang serakah dan rakus.
IFRIT
Ifrit, (Arab: ?Ifr?t: ?????, jamak ?Af?r?t: ??????), adalah sejenis jin yang disebut dalam al-Qur’an. Ifrit disebutkan dalam surah An-Naml [27]:39-40:
Image and video hosting by
 TinyPic
Berkata ‘Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya.” Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.” Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.
Ifrit adalah makhluk bersayap api, baik perempuan atau laki-laki, yang tinggal di bawah tanah dan sering pergi ke reruntuhan. Menurut beberapa sumber, Ifrit hidup dalam sebuah masyarakat yang terstruktur di sepanjang garis suku Arab kuno, lengkap dengan raja-raja, suku, dan klan seperti manusia
MARID
Image and
 video hosting by TinyPicMarids sering digambarkan sebagai jenis yang paling kuat dari jin, memiliki kekuatan terbesar. Mereka memiliki sifat yang paling sombong dan angkuh. Seperti setiap jin, mereka akan gentayangan dan menggangu manusia. Menurut cerita rakyat, mereka juga memiliki kemampuan untuk mengabulkan keinginan manusia, namun biasanya marid membutuhkan tumbal, ritual, atau  pujian dupa dupa.


NASNAS
Nasnas adalah makhluk raksasa dalam mitologi Arab. Menurut Edward Lane, penerjemah abad ke-19 dari The Arabian Nights, Nasnas adalah “setengah manusia; memiliki setengah kepala, setengah tubuh, satu tangan, satu kaki, yang mana banyak melompat dengan kelincahannya”. Hal ini diyakini sebagai keturunan setan disebut Shikk dan manusia
Image and video hosting by 
TinyPic
Ada yang bilang Nasnas adalah mahluk setengah Iblis yang hidup di padang pasir di Arab, ia lahir hanya dengan setengah bagian tubuh, dan karena itu ia menjauhi manusia sebisa mungkin.
Dengan kepala yang cuma setengah, tubuh yang setengah, satu kaki dan satu tangan, ia tidak begitu memiliki banyak kemampuan. Namun tetap menjadi mahluk yang mengerikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar